ICON ADIWIYATA SMA PEMBANGUNAN LABORATORIUM UNP

JAMUR



Sebagai salah satu Sekolah Adiwiyata di Provinsi Sumatera Barat, SMA Pembangunan Laboratorium UNP memiliki ICON ADIWIYATA yaitu JAMUR. Kenapa memilih Jamur sebagai Icon???
 Berikut adalah penjelasan mengenai makna JAMUR:



Makna dan Alasan JAMUR sebagai ICON SMA Pembangunan Laboratorium UNP adalah sebagai berikut:

1. Religi
 Jamur yang bewarna putih melambangkan suatu kesucian.

2. Pendidikan
Keseriusan dalam merawat jamur untuk tumbuh besar  sama halnya keseriusan guru dalam membimbing peserta didik agar bisa mencapai kesuksesan.

3. Sosial
  • Tubuh jamur terdiri dari benang-benang halus yang disebut hifa. Hifa dapat membentuk anyaman yang bercabang-cabang yang disebut miselium. Begitu juga dengan SMA Pembangunan Laboratorium UNP yang terdiri dari berbagai macam karakter, asal-usul, dan tipe warga sekolah yang dapat disatukan karena tujuan sekolah dan tujuan Adiwiyata yang sama. 
  • Cara hidup jamur yaitu simbiosis mutualisme. Maka, diharapkan warga sekolah dapat saling menguntungkan dalam hal positif untuk menciptakan lingkungan yang bersih, indah, dan nyaman, baik antar warga sekolah ataupun dengan masyarakat sekitar.
      4. Adiwiyata
  •  Jamur merupakan tanaman yang berbentuk seperti payung. Payung berfungsi untuk melindungi. Jadi, dengan adanya program Adiwiyata diharapkan SMA Pembangunan Laboratorium UNP dapat melindungi lingkungan sekolah ataupun lingkungan sekitar.
      5. Ekonomis
Jamur mempunyai nilai jual.

Komentar